Cara untuk Jualan Online

jualan onlineCara untuk Jualan Online Kini banyak orang mulai menjajal usaha di pasar online. Ya, selain mudah hanya bermodal smartphone dan kuota internet Anda kini tidak perlu membayar sewa tempat layaknya saat Anda memiliki toko offline, dengan jualan online justru Anda dapat menjangkau jutaan customer hanya dari rumah. Meski banyak kemudahan yang ditawarkan ketika Anda menjual online, namun jika tidak membuat perencanaan yang matang dalam menjalankan bisnis online ini, Anda hanya akan menghabiskan waktu dan uang. Untuk itu, Anda harus belajar bagaimana cara jualan online dengan baik. Berikut adalah cara mengembangkan produk dan rencana bisnis Anda!

Sebelum Anda melangkah lebih jauh untuk berjualan online, maka Anda wajib mengetahui alurnya terlebih dahulu. Berikut adalah poin-poin penting yang wajib Anda simak

Menentukan Apa yang Ingin Anda Jual
Jika Anda ingin memulai bisnis online, tentu Anda harus menentukan produk atau jasa yang akan Anda jual secara online. Tidak selalu produk offline jika dijual mendapatkan respons yang sama ketika dijual secara online. Untuk itu, Anda harus mempertimbangkan pendapat orang lain dan menangkap peluang pasar, sebelum akhirnya menjual produk Anda secara online. Langkah ini merupakan cara berjualan online yang sukses membuat penjualan online Anda beromzet jutaan rupiah. Berikut adalah beberapa pertanyaan untuk memutuskan produk apa yang nantinya ingin Anda jual:

 

Siapa yang membeli produk Anda? Hal ini berkaitan dengan Target Market untuk melihat segmentasi pasar secara jelas dan terarah. Sering disebut dengan Persona yang menggambarkan calon konsumen seperti umur, gender, pekerjaan atau status sosial. Berapa harga jual? Cobalah untuk menjualnya dengan harga yang berbeda-beda. Ketika produk Anda terjual, tanyakan apakah mereka puas dengan produk tersebut? Ini adalah waktu yang tepat untuk menguji seberapa baik produk Anda di mata customer. Meskipun jualan online cenderung gratis tanpa membutuhkan modal yang besar di awal, langkah ini adalah upaya untuk melihat minat pasar terhadap produk Anda.

Niche Market
Niche Market sendiri adalah pemilihan segmen pasar yang khusus menyediakan item sejenis. Niche market ini dimaksudkan untuk mendapatkan kepuasan dari customer dan digunakan dengan tujuan memperkecil persaingan pasar. Intinya, Anda harus mengetahui apa yang membedakan produk/jasa Anda dengan lainnya. Apabila Anda berhasil menemukan unsur pembeda tersebut, maka hal itu adalah cara jualan online shop terbaik yang membuat bisnis online Anda meraup banyak untung.

Menguji Pasar dengan Menjual Produk dalam Skala Kecil
Tahap awal/pemula Anda mencoba menjual produk secara offline sebelum Anda memasarkannya melalui online. Secara offline, Anda bisa menjual produk-produk tersebut dalam skala kecil di pasar, pameran, ataupun di berbagai event tertentu. Hal ini untuk melihat minat pasar terhadap produk Anda. Atau, secara online Anda bisa menjualnya di sosial media, Olx.com, ataupun tempat jualan online lainnya. Dengan sistem reseller/stok barang atau dropship Ini merupakan cara sukses jualan online dengan mengetahui peluang pasarnya terlebih dahulu.

Jangan hanya menjual produk tertentu terlebih dahulu sebelum Anda melakukan survey untuk melihat competitor. Pertimbangkan pasar online terlebih dahulu. Periksa terlebih dahulu tingkat persaingan dalam portal-portal toko online

Memanfaatkan keahlian Anda. Ya, hal ini merupakan sesuatu hal yang dapat membuat toko online Anda berjalan sukses. Misalnya, Susi Susanti adalah mantan atlet kebanggaan Indonesia. Setelah memutuskan untuk berhenti menjadi atlet, dirinya menjual berbagai alat kelengkapan badminton.

Meskipun bisnis ini adalah cara jualan online gratis, namun tetap saja ada biaya produksi. Untuk itu, Anda perlu menentukan apakah produk yang Anda jual adalah produksi sendiri atau melakukan kontrak dengan produsen.

Membuat Perencanaan Bisnis
Sebelum Anda mulai jualan online, luangkan waktu Anda untuk menyusun rencana bisnis secara rinci. Apakah Anda berencana mendapatkan dana bantuan dari investor? Hal ini tentunya akan membantu Anda merencanakan langkah-langkah yang akan Anda perlukan untuk berjualan online. Maka untuk mengetahui biaya operasi Anda, perlu dilakukan pemetaan strategi pemasaran.

Mengatur agar proses pembelian simpel dan mudah dimengerti. Bahkan jika produk Anda sangat sudah banyak dijual oleh toko online lainnya, setidaknya Anda dapat menawarkan pengalaman belanja secara mudah dalam proses pembelian. Untuk itu, pastikan navigasi sangat mudah dimengerti. Ini merupakan langkah dasar terkait dengan cara berjualan online untuk pemula yang harus Anda perhitungkan.

Langkah awal yang dapat Anda lakukan bisa Anda mulai dengan;

1. Jualan Online melalui Facebook yaitu jualan di grup jual beli fb, bisa Anda cari di pencarian fb

2. Jualan Online melalui Instagram, banyak sudah membuat akun di Instagram untuk berjualan dan terbukti menghasilkan, Posting foto produk lengkap dengan deskripsi dan harga, jangan lupa beri hastag sampai dengan 20 dengan keyword yang berkaitan (catatan; jangan campur akun jualan dengan foto pribadi)

3. Jualan Online melalui Marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak (recommended untuk berjualan di BL untuk pemula)

4. Jualan online melalui iklan baris, Olx dan lain sebagainya

5. Jualan online dengan membuat website Toko Online

Demikian Cara untuk Jualan Online, setelah memahami cobalah salah satu terlebih dahulu baru mencoba yang lainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *