kata kata motivasi bisnis

Tips Bisnis bagi Pemula

Tips Bisnis bagi Pemula-Sudah menjadi tren masyarakat Indonesia adalah ingin serba praktis, ingin semuanya Instan padahal mie instan yang labelnya instan saja perlu direbus sampai 3 menit sampai bisa enak untuk dimakan. Semuanya butuh proses untuk mendapatkan hasil. Fokus pada proses yang harua dihadapi lebih penting daripada fokus pada hasil. Kalau hasilnya tidak sesuai harapan maka mental kita akan DROP.

Begitu pula dengan bisnis, semuanya tidak bisa instan, butuh keringat bercucuran (kerja keras) dan keuletan. Tidak semua rizqi setiap manusia sama, ada yang langsung berhasil dan memiliki banyak untung, tidak sedikit pula yang rugi entah karena rugi atau ditipu orang. Ada hikmah disetiap kejadian, itulah pil pahit yang harus dirasakan oleh setiap yang memulai bisnis.

Masih ingatkah trem MLM yang menyajikan sistem yang praktis, bagaimana mendapatkan income dari mengajak seseorang menjadi member, tidak ada yang salah dengan sistem MLM karena sebenarnya adalah sistem marketing ibarat Supply Chain pada perusahaan yaitu Produsen-Distributor-Agen-Reseller-Custumer. Yang menjadi masalah adalah kadang para member baru yang membabi buta pengajak orang agar mau bergabung dengan iming-iming kesuksesan padahal setelah dijalani butuh kerja keras memasarkan produk yang notabene produk baru dan belum terkenal dipasaran.

 

Bisnis adalah oportunis, kita tidak bisa idealis perlu membaca kemauan pasar

Dalam bisnia kita perlu melakukan Analisa Pasar, tidak serta merta produk yang laku dipasaran atau kita liat ramai penjualanya mampu kita pasarkan.

Berikut akan saya berikan 3 tips awal bagaimana kita mulai menganalisa bisnis yang akan kita muali yaitu 3C;

  1. Company; apa kekuatan yang kita miliki seperti ; kemampuan(skill), modal, minat, bakat, pendidikan
  2. Costumer; kita perlu memahami calon konsumen kita apakah gender (pria/wanita), usia, daya beli, tempat menjual
  3. Competitor; kompetitor/saingan usaha, mampukah kita bersaing dengan pedagang lain dalam hal harga, pelayanan. Mampukah kita bersaing dalam hal skill/modal?

Layaknya Analisis SWOT yang bayak dibicarakan pada materi wirausaha, 3 tips di atas bisa menjadi panduan praktis sebelum memulai usaha. Masing-masing materi akan dibahas di artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat dan share mungkin orang lain membutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *