5 Cara Memulai Bisnis Online Shop untuk Pemula/ Ibu Rumah Tangga

Ketika mendengar  Bisnis Online Shop maka yang terfikir adalah jualan online melalui smartphone. Bagi Pemula/Ibu rumah tangga sekalipun bisa tetap produktif dan menghasilkan uang, lho. Dengan niat baik membantu suami atau sekadar beli uang jajan anak atau membeli kebutuhan sendiri. Caranya adalah dengan bisnis online shop. Tak heran jika bisnis ini berkembang cukup pesat. Dan, mungkin sudah banyak orang di sekitarmu yang terjun ke bisnis online shop.

Karena relatif mudah dan langsung bisa praktek, dengan menghubungi grosir/penjual besar di sekitar rumah atau langsung mencari supplier online. Meminta ijin untuk menjualkan produk mereka. Bermodal gambar lalu bisa post di status masangger seperti BBM pada era saat itu..dan kini Whatsapps juga bisa digunakan untuk berjualan.

Membuat status di sosial media seperti facebook atau yang sedang trends saat ini melalui instagram, mulai memasarkan kepada pertemanan di sosial media. Bagi yang berada di komplek perumahan, biasanya sudah terdapat grup komunitas, yang tidak sedikit terdapat juga komunitas jual beli perumahan A, misalnya.

Baca juga:

Teknik menjual terselubung ( covert selling)

Trends Bisnis Online shop

Sebagai contoh ibu rumah tangga A memiliki produk untuk dijual, maka ibu A tersebut mulai posting di fb/ig dengan harapan teman di soisal media akan melihat dan tertarik. Ibu A juga memasarkan di komunitas jual beli fb denga harapan orang yang tergabung di komunitas perumahanya melihat, tertarik dan membeli bisa dengan sistem Delivery order. Tak sedikit bumbu masak, buah, makanan instan, makanan jdi/ lauk juga banyak dipasarkan ibu rumah tangga di grup jual beli di komplek perumahanya.

Dengan cara ini pula, ibu rumah tangga mencari tambahan penghasilan sembari mengisi waktu luang. Nah, bila para ibu rumah tangga yang berencana bisnis online shop, bisa ikuti 5 cara ini untuk mulai bisnis online shop:

1. Siapkan senjata perang/smartphone dan kuota internetnya

Jika ingin memulai bisnis online shop, harus siap-siap punya smartphone ya. Anda bisa memakai smartphone untuk mengakses BBM, FB, WA, dan Instagram. Tak perlu membeli smartphone yang mahal, asalkan bisa dipakai untuk berjualan sudah cukup.

Harga Rp 1-2 jutaan juga tak masalah dengan standart minimal RAM 2G agar tidak lemot jika dipasang banyak aplikasi Android. Yang terpenting harus memahami pola Jualan online melalui smartphone di sosial media atau aplikasi Android lainya.

2. Tentukan jenis bisnis

Saat berbisnis online shop, kamu bisa menjual apa saja. Bisa menjual peralatan dapur, jilbab atau lauk pauk dan kue. Terpenting adalah Anda mengetahui pengetahuan tentang produk yang akan dijual. Pastikan memulai dari hobi akan kita enjoy menjalankanya. Jangan hanya ikut-ikutan atau lagi ngetren, ketika tidak laku/ trendnya turun kita lalu berputus asa

Selain barang, kamu juga bisa menjual jasa dan keterampilan. Seperti keahlian untuk memperbaiki alat elektronik, membuat furnitur, dan les privat. detainya Anda dapat membaca Bisnis Online terbaik 2018

3. Gambar, Deskripsi produk harus jelas dan memiliki daya lirik

Saat kamu ingin berjualan produk fashion seperti baju, ada baiknya siapkan foto dengan kualitas bagus. Berikan sedikit sentuhan dengan penataan yang cantik dan background yang menarik. Bahkan, kalau perlu bisa memakai model foto.

Lengkapi foto dengan dengan informasi baju yang akan dijual secara mendetail. Di antaranya adalah ukuran panjang dan lebar, warna yang tersedia, bahan, dan lain-lain. Jangan sampai,deh, foto dan info beda dengan barang yang asli.

4. Fokus pada produk yang dijual

Jika baru memulai bisnis, pastikan untuk fokus pada satu barang atau jasa yang dijual. Karena baru memulai, tak perlu memaksakan diri untuk menjual banyak barang. Bisa dimulai dengan menjual makanan atau kaos kaki, terpenting fokus pada satu barang terlebih dahulu.

Prinsipnya adalah biarkan dapur mengepul dulu, nanti bisa berjualan produk lain kalau modal sudah terkumpul. Dan lagi, konsumen bisa ragu untuk membeli jika bisnismu terlihat kurang fokus.

5. Meyiapkan modal

Bisnis online shop tidak bedanya dengan bisnis offline kita perlu menyaipkan produk/ peralatan untuk berjualan. Hanya yang berbeda dengan offline, kita tidak harus bayar sewa tempat jadi tergolong modal minim.

Jika belum memiliki modal besar/ belum berani mengeluarkan modal besar, bisa di mulai dengan berjualan sitem dropship. Kita menjadi perantara pembeli mendapatkan produk, bila kita mendapatkan order dari konsumen. Kita tinggal memesan barang kepada supplier/ pemilik produk untuk dikirim ke konsumen dengan nama olshop kita.

Sudah banyak jasa produsen dengan sistem dropship atau kita dapat mencari sendiri supplier di marketplace seperti tokopedia dan bukalapak karena terdapat menu dropship.

6. Daftar akun e-commerce

Saat Anda hanya memakai grup BBM atau WA untu berjualan, hal ini tak beda jauh dengan promosi dari mulut ke mulut. Jadi, target pasarmu tak akan luas. Beda cerita kalau kamu jualan melalui situs online, pembelimu bisa berasal dari mana saja.

Kini, Instagram menjadi salah satu media sosial yang paling efektif untuk jualan. Namun, bukan berarti kamu bisa mengabaikan pasar online ya. Buat akun untuk berjualan di situs berjualan online. Seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, OLX, dan lainnya.

Situs berjualan ini bisa Anda unduh di App Store ataupun Playstore. Memulai bisnis online shop cukup gampang, bukan? Kamu cukup mengunggah barang dan mengisi data diri.

Dengan begini, Anda sudah tahu apa saja hal penting saat akan membuka online shop. Sudah banyak para ibu rumah tangga yang memulai bisnis jenis ini. Apakah Anda mau jadi salah satunya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *