fbpx
Cara Jualan Online Praktis Gak Pake Ribet

Cara Jualan Online Praktis Gak Pake Ribet

Ketika Anda ingin memulai berjualan online/memasarkan produk/jasa melalui internet mungkin ada yang masih penasaran “Kenapa tidak kunjung mendapat orderan (belum lancar)

Kenapa harus pemasaran internet?

Kita kini memiliki kesempatan yang sama untuk sukses di bisnis online. Artikel ini akan membahas bagaimana cara jualan online praktis di Internet.

Ya…kenapa harus memulai melakukan pemasaran di Internet. Menurut pengalaman online praktis, semua bermula dari munculnya marketplace di Indonesia yang memberikan jaminan transaksi online. Maka orang kini cenderung untuk bertransaksi melalui internet.

Pembeli mendapat jaminan transaksi, barang sampai, bisa komplain jika barang tidak sesuai. Dan yang terbaru, barang sampai terlebih dahulu baru bayar. Transaksi online semakin memikat.

Belum lagi harga kini relatif murah, supplier bisa jualan langsung ke end user, harga transparan (terpampang jelas), ada pembanding, bisa melihat review produk.

Wajar jika beberapa bisnis offline (mall) besar sampai bisnis lokal banyak yang tutup, jika tidak beralih ke pemasaran online. Kalah bersaing dibanding harga online.

Membuka bisnis berbasis internet relatif lebih murah dibanding harus bisnis offline yang harus menyediakan tempat seperti ruko yang sewanya mencapai puluhan juta dan produk sebagai display.

Apalagi dengan pemasaran Internet, bagi pemula bisa berpromosi terlebih dahulu tanpa stok produk di awal.

Cara Jualan Online Praktis di Internet

Ketika Anda pemula dan ingin memulai berjualan di internet, dapat memanfaatkan media yang ada seperti sosial media: facebook, instagram, marketplace dan media lainya.

Tahap pertama untuk memasarkan produk adalah dengan menentukan jenis produk/jasa yang ingin dipasarkan.

Cara memilih produk adalah dengan mencari supplier, bisa secara offline atau online.

Mencari supplier offline :

  1. Cara termudah adalah mencari produsen di sekitar rumah Anda, ini akan memudahkan ketika ada orderan. Beli lalu paketkan sesuai dengan pesanan. Atau bekerjasama untuk menjadi tim marketing online.
  2. Cari teman terdekat yang sudah memulai berbisnis online, bisa Anda tawarkan bantuan untuk ikut menjualkan produknya.

Mencari supplier online :

  1. Mencari di kota tempat Anda tinggal, cara paling mudah searching di google; biasanya ada di googlemap atau website terkait.
  2. Mencari melalui sosial media, cek pertemanan di sosial media. Jika sudah memasarkan produk, datangi untuk silaturahmi.
  3. Mencari melalui marketplace, untuk suplier telihat dari harga termurah dan transaksi berhasil sudah banyak.

Setelah menentukan produk dan menemukan supplier kini saatnya Anda mulai melakukan promosi di Internet.

Cara termudah adalah dengan memulai sesuai kebiasaan Anda, ketika saat ini Anda hanya terbiasa menggunakan WA. Maka status WA bisa digunakan sebagai promosi, yang bisa melihat adalah kontak yang Anda simpan kontaknya dan teman/orang lain yang juga menyimpan nomor hp Anda.

Jika Anda hanya bisa menggunakan facebook (akun personal) maka fb pun dapat digunakan untuk memulai berjualan online tentu yang hanya melihat teman fb Anda. Maka pastikan pertemanan Anda sudah banyak sampai dengan 5000 pertemanan.

Selain menggunakan WA dan Facebook berikut hal penting yang wajib Anda lakukan.

1. Membuat gmap, jika Anda memiliki toko offline maka wajib hukumnya menggunakan gmap