Jangan Lakukan Hal Ini Kalau Anda Tidak Mau Rugi dalam Usaha

Jangan Lakukan  Hal Ini Kalau Anda Tidak Mau Rugi dalam Usaha, sebenarnya siapa sih yang mau rugi saat menjalankan usaha. Namun, ini dapat menjadi tips untuk kita yang baru ingin memulai usaha tentu kondisinya pada saat memulai usaha. karena yang sudah berpengalaman pasti sudah memiliki SOP (Standart Operasional Prosedur). Yang tinggal diduplikasi pada usaha yang sudah jalan sebelumnya karena sudah ada riset pasar.

  1. Jangan Meminjam Modal Paat Pertama Kali Buka Usaha                                                                      Anda baru memulai usaha dan langsung meminjam bahkan langsung meminjam ke Bank, mungkin karena terbujuk motivasi setelah ikut seminar atau gambaran dari tanya jawab anda dengan pelaku bisnis. Usahakan jangan meminjam Bank karena kita harus memikirkan setoran setiap bulanya, usaha belum jalan tapi sudah meiliki tangungan. Pendapatan belum pasti tapi sudah harus mengeluarkan uang untuk setoran. Kalua memang membutuhkan modal lebih usahakan meminjam pada orang terdekat atau ajaklah investor untuk menanamkan modalnya. Saran terbaik adalah menabunglah terlebih dahulu pastikan, uang kita aman utuk mencukupi kebutuhan sehari-hari baru uangnya kita sisihkan untuk modal. Jangan sampai managemen keuangan pribadi belum stabil kita langsung memaksakan diri untuk memulai usaha.
  2. Langsung Sewa Tempat                                                                                                                                             Berpandangan maju langsung buka usaha dan menyewa tempat tidaklah salah namun kita perlu memikirkan biaya sewa tempat. Berapa uang yang harus kita sisihkan setiap hari/bulan untuk menutupi biaya sewa pada modal awal. Jangan sampai kita belum tahu kodisi pasar di sekitar tempat kita jualan, apakah cocok dengan apa yang kita jual, mampukah kita menjual sebesar nominal uang yang harus kita sisihkan setiap hari/ bulanaya. Saranya adalah riset terlebih dahulu lokasi dimana kita akan memasarkan produk kita, mencari pelanggan terlebih dahulu adalah lebih baik. Setelah banyak orang tahu dan memiliki pelanggan maka sewa tempat menjadi hal yang wajib. Sebagai contoh apabila akan berjulan bakso, maka gunakan gerobak untuk berjualan bisa standby atau keliling, dengan seiring waktu akan banyak orang tahu dan menjadi pelanggan barulah kita menyewa tempat.
  3.  Langsung Mempunyai Karyawan                                                                                                                                 Seperti halnya di atas, kita perlu memikirkan biaya operasional setiap hari/ bulan. Mampukah pendapatan kita mencukupi semuanya. Usahakan memulai usaha dengan menjalankan sendiri agar kita tahu semua seluk beluk usaha kita, apa yang harus dilakukan. Sehingga kita dapat menentuka Standart operasional, berapa modal pokok yang dibutuhkan untuk membuat produk. jadi kita tidak akan mungkin bisa dibohongi bahakan oleh karyawan kiata kita karena kita mengetahui input yang dimasukkan, berati berapa output yang dikeluarkan. Indikasi kecurangan juaga dapat diminimalisir.

Demikian sedikit tips yang bisa saya sampaikan berdasarkan pengamatan dan pengalaman yang dialami. semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan bagaimana memulai usaha.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *