fbpx

Kata Bijak Memulai Usaha Sendiri

Ketika Anda mencari kata bijak usaha sendiri maka dengan membaca artikel ini semoga akan sedikit mencerahkan. Bahwa tidak ada usaha dengan hasil instan, orang terkadang hanya melihat hasilnya tanpa mau tahu perih getirnya perjuangan (proses). Ketika Anda sedang mengalami kegagalan, percayalah sebenarnya sedang dipantaskan untuk meraih kesuksesan. Orang sukses bukan berarti orang yang tidak pernah gagal, namun mampu mengambil pelajaran dari kegagalan agar tidak terperosok ke jalan yang sama.

“Setiap orang punya jatah gagal, Habiskan diwaktu muda” Dahlan Inskan

Ketika Anda sedang menjalankan usaha sendiri, dan sedang mengalami kendala maka kunci utamanya adalah kepada Niat Anda di awal membuka bisnis. Jika motifnya adalah uang maka, ketika bisnis Anda tidak kunjung mendapatkan keuntungan maka akan merasa down (menyerah) dan mungkin akan bertanya dalam hati bahwa kita tidak layak berbisnis. Beberapa tips berikut mungkin akan membantu Anda menemukan kata bijak usaha sendiri

1. Luruskan dan Luaskan Niat

Ketika Anda akan membuka bisnis maka Niat harus diperbaiki terlebih dahulu. Bisa berupa alasan, tujuan, impian terbesar Anda memulai bisnis yang sukses jangan sampai keuntungan yang didapat malah merugikan orang lain.

Luruskan niat berarti hanya menghadap ridho-Nya, bahwa usaha yang dijalani sesuai dengan tuntunan agama. Sebagai contoh adalah modal untuk memulai usaha sendiri berasal dari hutang ribawi, karena ketika modal awal berhutang fokus Anda akan berbda yaitu bagaimana membayar hutang bukan pada pengembangan bisnis. Luaskan Niat berarti tujuanya adalah untuk kebaikan orang lain, bermanfaat secara luas. Dari segi produk/jasa yang di berikan atau hasilnya nanti sebagai contoh untuk membuka lapangan pekerjaan, membahagiakan keluarga, menghajikan orang tua dan yang lainya.

Baca Juga : Pondasi Bisnis Online yang Wajib Anda Ketahui

2. Belajar Tentang Leadership (Kepemimpinan)

“Tidak ada yang benar-benar memikirkan Bisnis Anda, selain Anda sebagai ownernya”

Bukan berarti Anda tidak percaya kepada orang lain, tetapi Anda harus benar-benar memiliki jiwa kepemimpinan. Mungkin awal jika dikerjakan sendiri, berarti Anda harus tegas terhadap diri sendiri. Bagaimana bisa kita bisa sukses jika kita juga kurang bisa keras terhadap diri sendiri diantanya yang penting adalah Kedisiplinan. Dalam hal waktu dan managemen keuangan, proporsional sesuai dengan kebutuhanya.

3. Siap dengan Prosesnya

Setelah meniatkan untuk usaha sendiri, langkah selanjutnya adalah siap dengan Prosesnya. Dengan segala keterbatasan modal, ketika di awal merintis mungkin semua dikerjakan sendiri. Anda bertugas sebagai produsen (membuat produk) atau mengerjakan jasa, marketing dan kurir. Begitu pula yang sudah mulai berjalan ada saja kendala karyawan yang kurang bekerja efektif, alat yang rusak, komplain pelanggan. Maka semua adalah proses, bisnis ibarat kita sedang merawat bayi maka akan ribet di awal. Jika Anda memiliki mental pengusaha maka akan siap dengan segala konsekuensinya. Sebaiknya semua dilakukan secara bertahap, matang sesuai waktunya bukan karbitan ( besar karena disuntik modal terus menerus) tidak sesuai dengan cashflow/ arus kas bisnis

Ada proses naik dan turun, untung dan rugi, jika memahami lebih dalam memang bisnis ada trendnya. Sekarang memang eranya bisnis online. Bagaimana banyak mall yang tutup karena ada perubahan perilaku belanja di masyarakat ( banyak yang memilih belanja online)

4. Silaturahmi Menambah Rezeki (Bangun Relasi)

Setiap usaha harus memiliki mentor yang berfungsi sebagai nahkoda yang mengontrol bisnis, harus orang yang lebih pengalaman terutama satu niche dengan bisnis Anda. Mentor akan memberi rambu-rambu mengingatkan jika ada salah arah atau tidak sesuai ketentuan. Selain mentor Anda juga harus berkumpul dengan orang yang satu visi dengan Anda, sebagai contoh carilah komunitas wirausaha. Jika Anda berbisnis kuliner maka carilah komunitas kuliner, sebagai tempat sharing, bertukar pikiran, meminta saran sampai kerjasama untuk modal atau menambah cabang misalnya.

Kesimpulan

Kata bijak usaha sendiri adalah tidak ada motivator hebat selain diri Anda sendiri, seberapa banyak Anda mengikuti seminar, melihat video motivasi jika mindset dan perilaku kita tidak berubah maka semuanya akan sia-sia. Luruskan niat, belajar tentang memimpin diri sendiri, siap berproses dan bersilaturahmi yang akan merubah nasig Anda ke hal yang lebih baik yaitu kesuksesan