fbpx
Memilih Bisnis Online Yang Tepat

Memilih Bisnis Online Yang Tepat

Memilih Bisnis Online yang tepat untuk Anda adalah dengan mengukur waktu, tenaga dan uang. Kami tidak dapat merekomendasikan sesuai atas dasar trends saja, namun sesuatu hal yang benar-benar bisa Anda kerjakan. Karena pada dasarnya bisnis online adalah bisnis yang dipromosikan dan transaksi melalui media Internet.

Peluang dan cara menghasilkan uang di Internet tidak terbatas. Setiap hari akan ada model dan cara baru, di era informasi ini semua bisnis ditawarkan. Ini akan menjadi berita gembira karena berarti peluang sukses terbuka sangat lebar bagi setiap orang. Namun, disisi lain, juga bisa menjadi kabar buruk karena dengan peluang yang begitu besar, sering kali orang yang baru pemulai akan bingung, peluang manakah yang akan dipilih dan ditekuni terlebih dahulu?

Itulah sebab utama mengapa banyak orang berpindah-pindah pindah dari satu model ke model bisnis yang lain. Mereka mencoba Adsense setelah melihat mastah A menunjukkan screenshot pendapatan sebesar US$100.000 dari Google, lalu beralih mencoba menghasilkan uang dari B dari youtube, lalu beralih mencoba peruntungan seperti C dengan iklan produk dengan fb ads. Begitu seterusnya.

Di dunia maya, cerita seperti itu tidak ada habisnya. Namun, memilih model bisnis hanya didasarkan mana yang bisa menghasilkan uang paling banyak dalam tempo sesingkat-singkatnya adalah cara yang keliru. Anda memang perlu memilih model yang berprospek bagus, tetapi yang lebih penting adalah memilih bisnis internet yang sesuai dengan waktu, tenaga, uang/modal, minat, pengetahuan atau pengalaman Anda. Inilah cara yang benar dalam memilih model bisnis di Internet. Dan cara ini juga penting dalam memilih nice/ceruk pasar atau memilih produk/jasa yang ingin Anda pasarkan.

Setiap pribadi adalah unik, cara setiap orang dalam mencapai kesuksesan juga unik. Yang terbaik bagi si A belum tentu terbaik bagi Anda, begitu juga sebaliknya. Setiap orang harus mencari yang terbaik bagi dirinya. Jadi, bukan sekadar mencari model bisnis yang terbaik, tetapi yang terbaik bagi Anda.

Lima Kategori Model Binis di Internet

1. Selling Product

Yaitu menjual produk sendiri, baik hasil produk sendiri atau orang lain. Lebih dikenal dengan online shop/ jualan online. Kini Anda juga dapat mencoba mencari pangsa pasar terlebih dahulu dengan sistem dropship, yaitu model bisnis memasarkan produk berupa gambar dan melakukan order ke supplier, dikirim dari oleh pemilik produk.

2. Selling Service

Adalah mempromosikan service/ jasa Anda di internet, inilah model yang semakin berkembang belakangan ini. Umumnya, yang Anda jual adalah keahlian/ketrampilan. Contoh; jasa membuat website, jasa membuat video promosi, design kaos/logo/banner, jasa penulis artikel, jasa SEO, jasa iklan PPC dan masih banyak lagi.

3. Affiliate Marketing

Adalah sistem penjualan dengan merekomendasikan produk atau jasa oran lain dengan kompensasi komisi untuk setiap transaksi penjualan yang terjadi (Pay Per Sale), untuk setiap lead/prospek yang diberikan (Pay Per Lead), atau untuk setiap klik (Pay Per Click).

4. Contextual Advertising

Yaitu membuat website degan tujuan menarik banyak pengunjung (visitor). Penghasilan diperoleh dari iklan teks, banner atau video relevan dengan isi website. Misal, Anda memiliki website tentang otomotif, maka iklan yang muncul berkenaan dengan seputar otomotif. Ini juga termasuk dalam Adsense.

5. Site Flipping

adalah jual-beli website yaitu membeli dengan website yang nilai tendah/ membeli domain yang memiliki nilai jual dan memolesnya sedikitdan menjualnya kembali dengan harga jauh lebih tinggi.

Lima kategori diatas mewakili 95 persen model cara menghasilkan uang di Internet.

Kesimpulan:

Memilih model bisnis online ibarat memilih pakaian yang ingin kita kenakan,  jika memang tidak cocok suatu saat mungkin saja Anda akan dengan mudah meninggalkanya. Semua proses membangun bisnis online akan menjadi lebih mudah jika sesuai dengan hobi, pengalaman. Apapun yang terjadi Anda akan enjoy menjalaninya, karena setiap proses pasti ada kendala yang mungkin saja membuat down. Silahkan memilih menjual produk/jasa, affiliate marketing, contextual advertising atau site fliping sesuai dengan kemampuan.