fbpx

Memulai Bisnis di Masa Pandemi dan Gelombang PHK

Jenis-jenis Bisnis Online untuk Pemula
Jumlah lulusan setiap tahunnya selalu menjadi catatan penting persaingan saat mencari suatu pekerjaan. Di tengah pandemi Covid-19 ini tentunya tidak mudah untuk bekerja di suatu perusahaan. Maka Anda memperhatikan berbagai macam ulasan terkait bisnis online untuk pemula berikut.
Keuntungan yang bisa Diperoleh jika Menjalankan Bisnis Online
Berbagai pilihan jenis bisnis online di jaman sekarang ini telah banyak ditawarkan. Dari yang perlu menggunakan modal cukup besar hingga tanpa sedikitpun mengeluarkan pundi-pundi rupiah dari kantong pribadi.
Bahkan, dengan menjalankan bisnis ini Anda tidak perlu mengeluarkan beberapa biaya tambahan. Baik transportasi, stok barang, karyawan dan masih banyak lagi. Namun hanya bermodalkan kuota internet saja.
Meskipun begitu Anda jangan sampai terlena dengan iming-iming bisnis yang terlihat menggiurkan dan menjanjikan. Lakukan pemantauan sebelum memulai usaha tentu penting untuk dilakukan. Selain itu perlu kiranya menyesuaikan usaha dengan kesenangan yang anda geluti agar tidak bosan.
Apa Saja Jenis Bisnis Online untuk Pemula yang Rekomended di 2020 ini?
Jika Anda pemain baru didalam bisnis online ini, berikut disajikan jenis-jenis bisnis online yang menjanjikan:
1. Franchaise
Franchaise ialah usaha yang dilakukan dengan cara mendaftarkan diri kepada pemilik bisnis tertentu, bisa berupa produk makanan, minuman, dan lain sebagainya. Selanjutnya mendapatkan lisensi sehingga Anda dapat menjual produk yang telah di franchaise-kan tersebut.
Sebelum langsung memula usahai tentu perlu dilakukan adanya tahap persiapan, di antaranya ialah, carilah bisnis franchaise yang terpercaya, konsep usaha jelas, mempunyai inovasi usaha dan servis yang baik, sesuaikan tempat membuka usaha, dan tentunya pilih yang pas dengan modal.
Setiap franchaise menawarkan keuntungan yang berbeda-beda, sebelum memutuskan perlu untuk meneliti lebih lanjut perjanjian bisnis yang ditawarkan pihak pemilik produk. Namun, usaha ini dikenal cukup menjanjikan karena anda tidak perlu susah membangun brand usaha.
2. Berjualan Pulsa
Berjualan pulsa bisa dibilang cocok untuk kalian yang tergolong baru terjun kedalam dunia usaha. Kebutuhan manusia jaman sekarang untuk saling terhubung, berkomunikasi, dan cepat dalam mencari informasi, menjadikan pulsa sebagai barang yang tidak pernah berhenti dicari.
Usaha ini bisa dimulai dengan berjualan ditawarkan ke orang sekitar, seperti keluarga atau teman-teman bermain dan lingkungan terdekat. Dengan menyediakan berbagai jenis pulsa seperti internet, biasa, listrik, dan lain sebagainya tentu akan membuat Anda semakin dicari.
Hanya dengan mengisi saldo secukupnya, misalkan seratus atau dua ratus ribu rupiah di awal, tentu pada nomer yang sudah anda daftarkan untuk berjualan. Keuntungan yang didapatpun tergantung dari transaksi yang anda lakukan. Semakin banyak semakin besar pula hasilnya.
3. Bisnis Makanan Ringan
Bisnis makanan ringan cocok bagi Anda yang benar-benar pemula dalam bidang usaha online. Kemampuan memproduksi cemilan, akan sangat menguntungkan. Namun, jika tak bisa melakukan pembuatan camilan di rumah, mengambil produk dari produsen bisa menjadi pilihan.
Langkah yang perlu dilakukan untuk memulai bisnis ialah dengan mencari referensi packaging yang menarik untuk produk. Jangan lupa untuk mematok harga yang kompetitif, dan tentunya tawarkan rasa yang menggiurkan bagi pelanggan.
Stok makanan yang dijual jika Anda tidak memproduksinya sendiri. Lakukan penjualan secara online diberbagai platform digital. Keuntungan yang didapatpun bisa mencapai lima puluh persen dari total penghasilan, tentunya sesuai dengan produk apa yang dijajakan.
4. Drophshiper
Usaha drophship berjalan dengan cara menjual barang yang dimiliki orang lain atau produsen kepada pembeli. Namun tidak mengetahui kondisi barang secara spesifik, karena barang akan dikirim produsen ke pembeli secara langsung atas nama Anda sebagai penghubung.
Jika Anda tidak memiliki modal sama sekali, usaha ini terbilang sangat menguntungkan. Karena terbilang hampir tidak mengeluarkan modal sama sekali, hanya modal kuota, smartphone, dan akun sosial media untuk mempromosikan produk.
Keuntungan yang didapatkanpun tergantung dari tempat mengambil suatu produk, setiap perusahaan memiliki ketentuannya masing-masing. Dalam usaha ini, yang Anda butuhkan ialah pengetahuan terhadap barang yang anda jual agar sukses dalam jual beli dengan sistem dropship.
5. Berjualan Pakaian Wanita atau Anak-anak secara Online
Kenapa pakaian wanita dan anak-anak yang dipilih? Karena senang berbelanja merupakan sifat yang lekat dengan perempuan, sementara anak kecil masih tergantung dengan ibunya atas kebutuhan hidupnya, sehingga hal ini cocok sebagai bisnis online untuk pemula.
Cara dasarnya ialah dengan mencari suplier dipusat tekstil agar mendapatkan harga termurah. Tempat-tempat yang menyediakan di antaranya di pasar tanah abang Jakarta, pasar tekstil tegal gubug Cirebon, atau mencarinya di fitur online lainnya.
Agar hasilnya terlihat, ambil keuntungan paling sedikit 30% dari harga pembelian. Jualan akan tetap terlihat murah, meskipun keuntungan cukup besar jika suplier yang Anda pilih juga tempat yang tepat dan tidak banyak orang yang tahu.
6. Jasa Loket Pembayaran PPOB
Cara memulai bisnis PPOB ialah dengan bekerjasama dan mendaftar ke bank. Bisa bank Mandiri, BRI, atau bank lainnya yang menyediakan layanan pembayaran ini. Jangan bingung teknisnya, karena akan diberikan panduan lengkap.
Usaha ini cocok dibuka dilingkungan perumahan, karena menyediakan berbagai keperluan diantaranya membeli pulsa, membayar pajak, kredit kendaraan bermotor, listrik pra bayar dan pasca bayar.
Tentunya membuka jasa loket pembayaran PPOB akan memberikan penghasilan tambahan karena keuntungan yang ditawarkanpun tak kalah bersaing dengan usaha lainnya. Jangan lupa untuk mempromosikan di seluruh platform online.
7. Menyediakan Jasa Design Grafis
Apabila Anda memiliki kemampuan dibidang design bisnis ini cukup menjanjikan, hanya perlu menjual jasa, dengan modal laptop yang sudah dipunya, tanpa modal tambahan secara keuangan keuntunganpun berlipat.
Peluang kerja seorang design grafis pun tidak pernah terbatas wilayah dengan ditunjang teknologi saat ini. Jangan takut akan saingan, karena tukang jasa yang berseliweran di sosial mediapun belum tentu terlalu mahir dalam hal design.
Bagi pemula bisa menjual jasa ini di berbagai marketplace, seperti, Sribu (desain logo Indonesia), 99designs (desain logo, dll, Internasional) menjadi salah satu pilihan. Namun, tak terbatas itu, kamu bisa mempromosikan jasamu secara mandiri lho…
8. Menjual Foto Royalty-free
Sebagai contoh, jika saya seorang youtuber kuliner dan membutuhkan foto makanan untuk mempercantik konten di dalam video saya, namun saya tidak mahir memotret, sementara menyewa seorang fotografer tidak bersahabat dikantong, solusinya ialah membeli lisensi foto royalty-free.
Cara melakukannya pun cukup mudah, hanya perlu mengasah skill dibidang fotografi, dan menjualnya di platform yang tersedia ataupun sosial mediamu sendiri. Hal ini pun dapat dilakukan dengan cara online yang sangat mudah.
Keuntungan yang didapat cukup menggiurkan, karena hanya dengan modal sekali saja membeli kamera, kamu bisa memperoleh berkali-kali keuntungan. Apalagi foto-foto profesional banyak dibutuhkan pembuat konten seperti contoh di atas serta pemilik website.
Itu tadi bisnis online untuk pemula yang bisa Anda gunakan sebagai referensi usaha, terlebih dimasa pandemi seperti saat ini. Tidak ada salahnya memulai daripada nggak sama sekali. Jangan lupa untuk melakukan survei di berbagai platform dan memilih secara selektif agar mengurangi resiko kerugian di kemudian hari.