fbpx

Motivasi Jualan Online yang Ampuh

Motivasi jualan online di era pendemi dengan berbagai tantanganya diantaranya karena kondisi ekonomi yang menyebabkan penjualan menurun.

Namun kita tidak boleh berfokus pada masalah namun fokus pada solusi diantaranya ayang akan dibahas  tentang bagaimana pentingnya sebuah mindset.

Kenapa? karena pola pikir itu mempengaruhi tindakan dan tindakan mempengaruhi hasil jadi kalau kita mengubah hasil kita harus mengubah apa Pola pikir. Banyak sekali orang yang mengubah hasil, hanya fokus pada tindakan sehingga sering tidak berubah apa yang diubah dulu yang diubah adalah pola pikir dulu.

Banyak orang jualan kemudian putus ditengah jalan sudah coba cara ini cara itu kemudian enggak mencapai hasil yang diinginkan, ya karena mereka hanya fokus pada tindakan ganti cara lagi ganti cara lagi belajar kepada orang lagi tetapi tidak dirubah pola pikirnya.

Nah maka dari itu di artikel ini saya akan sharing pentingnya pola fikir ya terutama Po bikin jualan Kenapa karena di masa pandemi ini saya belajar dua hal yang sangat pentingnya yang pertama adalah tabungan itu penting jadi kita wajib memiliki tabungan di masa pandemi.

Kemudian yang kedua adalah jualan online hampir semua bisnis hampir semua UMKM ambruk dan yang masih bertahan eksis ya kebanyakan adalah mereka yang sudah mulai di dalam online atau apapun yang menjadi onlinekan.

Maka dari itu setelah ini pasti akan banyak orang yang akan belajar jualan online akan belajar tentang Digital marketing. Jadi sebenarnya banyak sekali temen-temen pola pikir dalam jualan dan hanya akan membahas satu saja dan paling kuat ya paling akan saya dalam jualan dan saya belajar mindset ini dari mana?  dari semangat pedangan asongan seperti tukang jual mie ayam, bakso, sate, es degan, cilok, batagor, kue putu dan teman-temannya. Mengamati ini mereka berdagang keliling ini ya mereka tumbuhnya mindset yang sangat-sangat kuat dalam hal berjualan sehingga mereka masih bertahan.

Salah Fokus

Pertanyaannya lebih banyak mana antara yang beli dengan yang menolak? nah menolak ini bukan berarti langsung ngomong enggak mau beli, tetapi diam saja itu berarti dikategorikan dalam hal menolak. Salah satu contohnya gini ada nggak salah satu pedagang keliling yang keliling daerah teman-teman yang teman-teman enggak pernah beli tapi lihat keliling terus dia, masih keliling terus di area situ ya. contohnya di tempat saya itu saya paling jarang sekali beli bakso ya Jadi kalau teng… teng… teng.. teng… bakso-bakso itu saya enggak beli tapi yang saya heran dia itu setiap hari lewatlah. Hal apa sih yang membuat mereka setiap hari lewat? padahal kalau saya lihat orang sekitar dekatnya itu juga enggak beli.

Kenapa karena mereka fokus hanya kepada yang beli mereka tidak fokus atau mengabaikan orang-orang yang tidak beli dan mereka sangat mensyukuri satu mangkok demi satu mangkok walaupun dalam 1 RT mungkin yang beli cuman 1/2 yang menolak sekitar 40-an misalnya hingga fokus ke situ.

Banyak orang jualan itu terjebak di dalam hal di memperhatikan yang menolak itu atau yang PHP misalkan sudah CLBK ya chat lama beli kagak Jono banyak banget Deren mau beli saya tanya suami dulu ya udah mau beli ngiler tunggu gajian kita gajian ditagih enggak bayar enggak jadi beli,php itu

Banyak orang patah semangat karena itu kalau teman-teman belajar dari mereka mereka tidak peduli dengan orang tidak mau beli kalau mereka setiap lewat itu wah ini rumah ini enggak pernah beli sih tiap lewat saya enggak beli ini juga lemah enggak pernah beli ngapain dia Litlle tua nggak beli mobil lilakno duit juga banyak masih rezeki orang kecilnya enggak mau misalnya itu masih besok bisa enggak jadi jualan pasti semangat jualannya hilang jadi kalau teman-teman pengen punya mindset yang kuat Entah di jualan online ataupun offline temen-temen jangan fokus atau abaikan orang-orangnya tidak pilih teman-teman fokus saja kepada orang yang beli syukuri setiap ada satu transaksi satu transaksi syukuri ya fokus pada orang yang beli

Jangan sampai kalah dengan pedagang-pedagang yang keliling tiap hari yang harus kadang kepanasan atau kena hujan ya jangan sampai kalah dengan mereka dan yang tidak kalah penting lagi adalah ini. Jangan mau jadi korban omongan tetangga atau omongan orang lain ini lagi ngetrend bahasanya dengan menjadi korban ini ya korban cocok tonggo bahasa tidak enaknya tapi lagi viral nih bahasa ininya jadi teman-teman ketika jualan ketika mulai bisnis abaikan omongan orang atau bahkan mungkin teman atau mungkin saudara yang melemahkan jangan temen-temen itu Peduli orang kan omongan orang yang tidak ahli dibidangnya.

Saya punya prinsip saya akan dengarkan orang yang memang ahli di bidangnya jadi misalnya sedang jualan online sedang posting di Facebook Lalu ada orang yang gak ngerti online komentar ke saya Ah pasti jualanonline penting kamu kerja dapat gaji bulanan pasti saya nggak akan dengarkan itu Kecuali Dia ahli dibidangnya dan ketika teman-teman punya tim punya tim work yang misalkan anda seorang leader anda seorang supplier yang punya banyak dropshipper atau mungkin ada temen yang lagi nggak semangat jualan lagi ya

Kesimpulan

punya mindset yang sama itu fokus aja kepada yang beli, jangan mau jadi korban omongan tetangga atau mengurang lain, jangan tambah kubur mimpi kita hanya karena komentar orang-orang yang tidak ahli dibidangnya apalagi orang itu lebih senang ketika kita berada di kondisi yang sedang tidak enak bagi teman-teman.Jika teman-teman punya tim atau atlet teman yang lagi down semangat jualan coba mindsetnya berubah apakah tindakan mereka berubah dan hasilnya apakah akan berubah.