fbpx

Pondasi Bisnis Online Pemula

Ketika kita ingin memulai bisnis online maka hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana strategi yang harus dilakukan. Berikut beberapa step by step yang bisa Anda pelajari sebelum menjalankan bisnis:

1.PERSPEKTIF (Sudut pandang) 

Perspektif berkaitan tentang mindset tentang bisnis, sudut pandang berdasarkan apa yang kita pikirkan karena akan berpengaruh terhadap tahapan selanjutnya. Tentunya berpengaruh ke hasil yang akan dicapai,boleh jadi kita pernah mengalami trauma karena pernah mengalami kegagalan, ditipu oleh rekan bisnis atau belum mendapatkan hasil yang memuaskan. Dengan perspektif yang benar kita akan selalu open minded (berfikir terbuka) akan peluang usaha baru.

Sebelum memulai kita perlu melakukan Review bisnis yang akan kita pilih apakah bisnis tersebut benar-benar bisnis yang real, masuk akal, no tipu-tipu. Ini bisa didasarkan pada Data dan Fakta, sebagai contoh beberapa bisnis travel yang menawarkan paket murah namun sebenarnya bisnisnya hanya menutupi biaya member yang lain (subsidi) dan yang terakhir akan mendapatkan imbas karena sudah tidak ada subsidi dari meber baru yang mendaftar.

Ketika Anda mendapatkan penawaran bisnis maka jangan di telan mentah-mentah bagaimanakah sepak terjang bisnis tersebut, sudah adakah yang menjalankan dengan benar, apakah hitunganya masuk logika atau hanya sebuah ilustrasi yang belum terbukti kebenaranya.

Setelah melakukan review selanjutnya kita mengecek Background + reason (alasan), apakah bisnis yang akan kita jalani sesuai dengan background kita baik basic, skill, keluarga dan faktor lainya dalam diri. Background dan alasan yang kuat juga bisa didasarkan pada Culture (budaya) lebih spesifik berkaitan dengan aqidah, apakah jalurnya sesuai dengan tuntunan agama. Karena visi misi yang ditawarkan juga harus jelas arah tujuanya. Di dalam background juga terdapat faktor Positif (thinking), seharusnya jika semua part di atas sudah sesuai selanjutnya kita harus berfikir positif. Karena kita diperintahkan untuk untuk ikhtiar dan hasil merupakan hak prerogatif Tuhan YME. Karena umur dan rizki kita sebenarnya sudah ditentukan di lauful mahfudz

و عسى أَنْ تَكْرَهُوا شَيْئًا وهُوَ خَيْرٌ لكَمْ وَعَسى أَنْ تُحِبُّوْا شَيْئا وهو شرٌّ لكم واللهُ يعلمُ وأَنْتُمْ لا تَعْلمُوْنَ

“Bisa jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan bisa jadi kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”(QS. Al Baqarah: 216)

Dari faktor dari dalam diri seperti review, background, reason, culture/aqidah dan positif tersebut kita akan melangkah ke tahap selanjutnya yaitu faktor eksternal.

Beliefe (yakin) adalah tahapan setelah kita selesai dengan diri sendiri. Yakin akan ketetapan Tuhan YME, yakin bahwa rezeki tidak akan tertukar dan yakin Anda akan berhasil sesuai apa yang diperjuangkan.

Aku sesuai dengan persangkaan hamba pada-Ku” (Muttafaqun ‘alaih). Hadits ini mengajarkan bagaimana seorang muslim harus huznuzhon pada Allah dan memiliki sikap roja‘ (harap) pada-Nya.

Keyakinan ini juga tercermin dari bisnis yang Anda pilih, tentu Anda bisa melihat Role model (contoh) orang yang sudah lebih dahulu menjalani. Kemudian ada Story Telling, Testimoni dan Value adalah hasilakhir atau goal dari perspektif Anda.

2. CHALLENGE (Tantangan)

Ketika Anda sudah mulai menentukan bisnis akan ada tantangan yang dihadapi seperti kemampuan yang terbatas maka kita perlu membangun Collaboration atau tim untuk sekala kecil. Ada batasan seperti skill/kemampuan, waktu, tenaga dan pemikiran. Untuk menjawab tantangan kita perlu membuat standart, SOP/ instruksi kerja dan manajemen resiko sehingga akan menghasilkan Creative (Kreatifitas)

3. BISNIS PLAN

Untuk menentukan Bisnis Plan  dibutuhkan Inisiatif untuk menyelesaikan problem (masalah). Selain bisnis memang diciptakan untuk menyelesaikan masalah, setiap awal memulai bisnis akan ada hambatan/rintangan yang dihadapi. Langkah menghadapi tantangan adalah menemukan inisiatif diantara step by stepnya adalah membuat checklist, target dan tindakan (eksekusi), ini juga penting dilakukan setiap kita menentukan BisnisPlan. Dari inisiatif dan waktu akan menentukan Action (Tindakan)