Pondasi Bisnis Online yang Wajib Anda Ketahui

Sebelum memulai bisnis online maka kita perlu memahami pondasi bisnis online yang sukses salah satunya mengetahui alasan mengapa Anda ingin membuat bisnis online yang sukses.

Membangun bisnis online sama seperti membangun bisnis biasa  ada sejumlah kebiasaan yang perlu dikembangkan Ada prinsip yang baik secara sadar maupun tidak yaitu;

1. Mengetahui alasan atau sebab mengapa Anda ingin mencapai sesuatu yang lebih penting daripada mengetahui bagaimana cara mencapainya. Kalau trainer di perusahaan MLM atau asuransi menyebutnya Menemukan Impian atau lebih relevan menemukan alasan/sebab yang kuat.

Begitu menemukan alasan atau sebab yang kuat itu, Anda akan menemukan cara mencapainya. Jadi, tanyakan kepada diri Anda Mengapa Anda ingin membuat bisnis online yang sukses?Apa makna bisnis online yang sukses bagi Anda?

Apakah Anda ingin menemukan berbagai sumber pendapatan pasif yang terus mengalirkan uang kepada Anda ketika Anda bekerja, tidur, bercengkrama dengan anak, atau sedang jalan-jalan ke berbagai negara? Apakah Anda ingin menciptakan pendapatan yang begitu besar sehingga memberikan rasa aman kepada diri Anda sendiri dan membuat Anda bebas darai rasa khawatir saat kebutuhan membengkak?

Coba tuliskan 100 alasan/sebab yang kuat dalam secarik kertas atau buku, jika sulit perkecil 50,30, 20 minimal 10 impian Anda. Jika sudah pilih 3 impian terbesar yang ingin dicapai 90 hari ke depan dan relevan dengan alasan yang telah ditulis sebelumnya.

Misalnya, alasan yang Anda temukan untuk membangun bisnis online yang sukses adalah berhenti dari pekerjaan full-time Anda serta punya banayak waktu bersama keluarga dan anak-anak. Menghajikan orang tua, jalan-jalan ke luar negeri bersama keluarga bahkan memberikan pendidikan/sekolah terbaik untuk anak Anda.

Materi selanjutnya tidaka akan banyak bermanfaat jika Anda tidak punya alasan yang kuat. Saat membangun bisnis, Anda pastia akan menghadapi tantangan, kesulitan, rasa tidak nyaman dan sering kali gagal. Hanya satu yang bisa membuat Anda terus menjalani proses membangun bisnis online yang sukses, yaitu alasan yang kuat mengapa Anda ingin sukses.

2. Fokus pada Model Bisnis yang Anda Pilih

Ketika memulaia belajar Intenet Marketing atau memulaia bisnis online, siapapaun hampir pasti merasa belum tahu apa-apa. Anda mempelajari apapun agar bisa menghasilkan income puluhan bahkan ratusan juta dari internet.

Anda pun segera memulaia perjalanan, Anda melakukan browsing dan menemukan ternyata ada orang yang bisa menghasilkan puluhan juta dari e-book.Tanpa ragu, Anda pun membeli e-book bagaimana cara menjualnya. Anda bersemangat mulai mencari topik dan menulis beberapa halaman. Namun, apa mau dikata, menulis e-book ternyata tidak semudah yang Anda bayangkan.

Anda melakukan browsing lagi dan mengetahui bahwa ada orang yang menghasilkan ratusan juta rupiah hanya dengan memasang Adsense (iklan Google) di-websiteya. Luar biasa, pikir Anda. lalu membuat Website AdSense Anda yang pertama. Tunggu punya tunggu tidak ada seorangpun yang klik AdSense di website Anda. Kemudian membuat yang kedua, nasibnya ternyata sama kemudian Anda mulai frustasi dan mencari-cari cara laian untuk menghasilkan uang dari Internet.

Kasus semacam itu dialami oleh ribuan atau bahkan puluhan juta orang. Mereka tidak fokus dan itulah slah satu penyebab utama kegagalan dalam membangun bisnis online. Sebagai contoh pada pelajaran ketika sekolah dulu, bagaimana membakar kertas denga kaca pembesar, ketika Anda goyang maka kertas akan sulit terbakar. Tetapi ketika Anda diam mengarahkan kaca pembesar pada kertas maka akan langsung terbakar. Jadi, alat bantu (tool) atau informasi yang luar biasa akan percuma jika Anda tidak menggunakan secara fokus

Bagaimanapun membangun bisnis online membutuhkan waktu. Ada waktu untuk proses belajar, memperbaiki kesalan dan lain-lain. Mencoba banyak model bisnis hanya akan memberi Anda perspektif yang luas, tetapi tidak memberi cukup waktu untuk menjalani proses membangun bisnis yang sukses. Anda harus menentukan satu model yang ingin ditekuni.

3. Menggunakan kekuatan Anda dan Mendelegasikanya

Pernah menemui seorang pemilik bisnis yang merangkap sebagai tenaga salae, produksi, customer service, menerima telephon/follow up. administrasi, kasir  dan office boy sekaligus?

Kecenderungan semacam itulah yang justru membuat banyak orang gagal dalam memulai bisnis online. Sebaliknya, pembisnis online yang sukses mengetahui kekuatan dirinya dan mendelegasikan hal lainya

Anda tidak harus bisa segala hal, cukup tahu saja biar tim yang mengerjakan hal teknis. Banyak kasus ketika awal memiliki 1 admin, orderan malah semakin bertambah dan bisnis semakin besar. Kita sering ragu pada saat akan membuat tim, sebenarnya Anda dapat mendapatkan peluang lebih besar memperbesar bisnis, karena kita memberi jalan rezeki orang lain lewat kita.

4. Konsisten dan Pantang Menyerah

Konsisten berarti mengalokasikan waktu dan perhatian khusus setiap hari untuk membangun bisnis online Anda. Jangan mengerjakan bisnis online Anda selama enam jam hari ini, tetapi baru meluangkan waktu untuk mengerjakanya lagi minggu depan. Inilah yang sering dilakukan pemua di bisnis ini. Momentum tidak bisa diciptakan dengan kerja seperti itu.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *