Seberapa Penting Membuat Website Untuk Bisnis Online

  • 2 min read
  • Apr 24, 2022
Seberapa Penting Membuat Website Untuk Bisnis Online

Ketika Anda sudah memiliki bisnis offline dan merasakan dampak setelah pandemi, maka kita perlu memikirkan cara bagaimana bisnis mampu bertahan. Atau Anda baru saja memulai dan ingin segera melakukan pemasaran online, salah satu caranya adalah dengan membuat website untuk bisnis.

Keuntungan memiliki Website

Memiliki website mungkin belum dianggap penting bagi sebagian pebisnis karena mampu ditopang dengan adanya media sosial, marketplace dan media ecommerse lainya. Apalagi berkaitan dengan hal teknis dan beberapa biaya marketing, namun beberapa point berikut bisa Anda pertimbangkang diantaranya

1. Media Branding di Internet

Hal pertama dan utama ketika kita memiliki website adalah bisa dijadikan sebagai branding merk kita di Internet. Bisnis kita akan di pandang lebih profesional terbukti dengan memiliki website resmi dan mudah ditemukan di mesin pencarian seperti Google.

Website yang dibuat bisa berupa company profile yang menjelaskan secara detail bisnis Anda, katalog untuk pilihan produk atau mampu bertansaksi langsung melalui website (lebih baik).

Website layaknya kita memasang baliho, bisa di akses 24 jam 7 hari nonstop. Media digital pengganti media konvensional seperti sebar brosur, iklan di billboard atau media masa.

Kemudahan akses melalui smartphone/pc/ laptop yang sudah dimiliki setiap orang dan dilihat langsung di Internet.

Sebagai contoh ada seseorang ingin membeli suatu produk, dia baru sekali ini melihat merk produk yang Anda buat. Kemudian orang tersebut mencari website resminya dan ada dengan keterangan lengkap maka akan menambah trush untuk membeli.

2. Media Marketing yang up to date

Dengan website yang ter-optimasi dengan SEO (Search Engine Optimization) maka bisa mendatangkan lead ke Customer Service Anda setiap saat. Terutama calon konsumen-konsumen baru yang belum mengetahui di offline.

Mungkin bagi konsumen Anda yang belum tahu Anda sebelumnya, akan lebih mudah ditemukan di search engine sebagai sumber rujukan saat ini. Sebagai contoh konsumen A sedan mencari tempat grosir fashion, kemudian konsumen tersebut mwncari lokasi terdekat di internet. Demgan website Anda ada di halaman 1 google, maka konsumen tersebut akan menghubungi kontak Anda.

3. Mengumpulkan List Prospek

Ketika Anda memiliki website sendiri maka dapat mengumpulkan list data base Anda sendiri dengan data yang akurat termasuk transaksi pembelian dan akan lebih mudah dalam melakukan promosi atau follow up.

Berbeda jika Anda menggunakan platform lain maka data akan dibagi dengan penyedia jasa. Dan akun Anda bisa saja di banned setiap saat dan Anda akan kehilangan data base konsumen.

Sebagai contoh, Anda memiliki pelanggan yang sudah sering repeat order kemudian Anda mengeluarkan produk baru yang satu niche dengan produk Anda sebelumnya. Maka Anda perlu memiliki list data base yang bisa di follow up ke pelanggan Anda secara langsung misal melalui email atau chat whatsapp

Kesimpulan

Memiliki website adalah hal yang penting di era sekarang ini karena bisa dimanfaatkan sebagai media branding dan profesionalitas, media marketing yang bisa bekerja 24 jam dan dapat digunakan untuk mengumpulkan data konsumen Anda