fbpx

[Study Kasus] Mengatasi Pembatasan Iklan Adsense

Ketika Anda sudah mulai bermain Google Adsense, belakangan ini mungkin sedang mengalami pembatasan iklan, sebenarnya intinya adalah harus anda memahami terkait pembatasan penayangan akun adsense ini.

Diakui atau tidak, trafik sedikit adalah salah satu penyebab mengapa iklan adsense anda dibatasi. Biasanya, Google memberikan pemberitahuan ini dengan alasan “Trafik tidak valid.”

Setelah update kebijakannya, Google adsense akan terus memantau trafik para publishernya. Bahkan tidak hanya itu, google adsense juga akan memantau kualitas konten anda. Termasuk konten-konten yang di dalamnya berbau software ilegal atau bajakan, konten yang menyesatkan, konten penipuan, konten yang membodohi, dan masih banyak lagi konten-konten yang menurut Google tidak ada gunanya.

Jika anda melanggar kebijakan tersebut, tentu saja google akan dengan senang hati membanned akun anda.

Jika anda merasa tidak pernah membuat konten-konten seperti yang disebutkan di atas, namun penayangan masih tetap dibatasi, jangan panik!. Saya ada cara jitu untuk mengatasi permasalahan ini.

Cara Mengatasi Penayangan Iklan AdSense dibatasi

Study kasus yang dialami juga oleh penulis, salah satu caranya adalah dengan membuat konten tentang “obat asam urat” yang dibuat dengan tampilan landing page. Kemudian alhamdulillah iklan bisa tayang lagi, berkaitan dengan hasil tersebut mungkin memang iklan untuk obat asam urat memang di bayak dipasang iklan karena pangsa pasarnyacukup tinggi dan meliputi usia produktif.

Selain tips di atas  berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan pendapatan iklan adsesnse blog Anda berikut diantaranya

Kaitkan Akun AdSense dengan – Google Analytics

Pertama, yang harus anda lakukan adalah mengaitkan akun adsense yang dibatasi, dengan google analytics.

Setelah mengaitkannya, kemudian anda harus memasangnya di blog.

Ini bertujuan agar google tetap fokus memantau trafik blog anda nantinya, walaupun tanpa google analytics, google pun pasti sudah bisa memantau blog anda. Akan tetapi, sesuai dengan pengalaman saya, sebaiknya anda harus memasangnya.

 Jangan Memasang (Script) Iklan Saat Penayangan dibatasi

Setelah mengaitkan akun adsense dengan google analytics, dan sudah memasangnya, anda jangan memasang script iklan adsense dulu.

Meskipun anda memasang script, iklan akan tetap blank, tentu ini akan sangat mengganggu kenyamanan pembaca blog anda.

Jadi, sebaiknya anda tidak memasang script iklan dulu saat penayangan dibatasi. Biarkan saja.

Buatlah Konten Yang Berkesan, Kalau bisa Yang Kontroversial

Google selalu mengingatkan para publishernya untuk selalu membuat konten yang uptodate dan kemungkinan untuk viral (mengundang trafik)

Sayangnya kita sering mengabaikan pesan-pesan tersebut dan hanya berfokus untuk penghasilan adsense saja.

Saya sering membaca informasi maupun berita di detik.com. Situs web terupdate indonesia yang saat ini menduduki peringkat 5 indonesia versi Alexa rank.

Untuk masalah konten yang ada di detik.com. Saya rasa anda juga sudah paham, walaupun selalu update setiap detiknya. Kadang konten yang disajikan tidak begitu penting.

Walaupun tidak begitu penting, tapi website tersebut sudah mempunyai nama di jagat maya.

Apa yang membuat mereka menjadi besar?

Karena mereka punya strategi khusus untuk membuat websitenya menjadi besar dan menjadi barometer untuk orang-orang yang mencari berita terupdate.

Salah satu cara paling bagus yang bisa anda gunakan untuk menjadikan website anda besar seperti mereka adalah membuat konten yang menimbulkan perdebatan (kontroversial).

Anda bisa membaca contoh konten kontroversial yang pernah saya buat. Artikel ini sebelumnya terbit di Jawa PosRadar Tuban kemudian saya posting lagi di blog ini dengan tujuan memviralkannya di sosial media.

Tak butuh waktu lama, artikel ini langsung viral. Saya pun sempat didatangi perangkat desa lantaran adanya artikel ini di sosial media. Karena data valid serta wawancara di lokasi langsung, tentu artikel ini mempunyai kredibilitas kuat, bukan artikel hoaks.